Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword -->

Senin, 19 Mei 2014

Tugas Praktikum ke - 1 Praktikum Daskom

1. Bagian-bagian perangkat keras pada komputer :


  • Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
  • CPU berfungsi sbagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.                                                                              


  • Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.
  •  Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
  • Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.
  • Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.        
  • Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.                                                                        
  • Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.                                                            
  • Stabilizer berfungsi untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.       
  • Harddisk berfungsi untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.                                                           
  • RAM / Modul Memori, Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.
  • Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.                                                                                 
  • Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.
  • Kabel VGA, Fungsi kabel VGA untuk menampilkan  out put / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.                                 Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap
  • Fan / Kipas, Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk
  • LAN Card, Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN                                                              
  • Motherboard, Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.
  • Processor, Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.                                                                                         
  • Headsets, Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.                                                                                             
  • Microphone, Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.                                                                                                  
  • CD-Room, Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.                                                                   
  • CD / DVD, Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data         Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap
  • Flashdisk, Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data                    
  • Webcam, Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.                                                             Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap
  • Joystick, Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap
  • Video Adaptor atau GPU, Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.                                                 Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap
  • Sound Card, Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.                                     Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap
  • UPS, Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan  Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap
  • Barcode, Fungsi Barcode untuk membaca kode yang berbentuk kotak atau garis lalu diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, biasanya terdapat pada kasir supermarket.




Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap




2. Langkah Langkah Merakit PC Beserta Gambarnya

INSTALASI PC
Keamanan  keselamatan Kerja (K3)
Sebelum merakit sebuah PC ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :








  • Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan menetes keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan arus pendek dan dapat merusak hasil rakitannya.
  • Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prossesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memegang casing saat power dihidupkan.
  • Pada setiap tahap perakitan sebalum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan di pasang dan komponen lainnya.
  • Jangan lupa menyiapkan peralatan dan bahan-bahan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan perakitan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.
  • Hindari pemasangan komponen harddisk dengan kasar, karena dapat merusak harddisk tersebut.


Alat dan Bahan

Alat :
1. Obeng Plus (+)
2. Obeng Minus (-)
3. Tang Lancip (Capit Buaya)
4. Multimeter/Multitester
5. Pinset
6. Gelang Anti Static

Bahan :


  1. Motherboard adalah papan induk atau papan rangkaian utama pada komputer, yang berisi rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pusat pengolahan.
  2. Processor adalah komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja komputer (otaknya komputer). Berfungsi sebagai pengolah data didalam sistem komputer.
  3. Heatsink (Kipas) adalah kipas pendingin processor dan komponen yang lain, karena suhu di processor sangat panas sekali.
  4. Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi  piringan magnetis. Berfungsi sebagai penyimpan data untuk dapat meningkatkan kinerja komputer.
  5. RAM (Random Acces Memory) adalah Internal Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data.
  6. FDD adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah Disket.
  7. CD/DVD ROM adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan data, perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah CD/Kaset
  8. VGA Card (Video Graphics Adapter) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.
  9. Sound Card adalah sebuah perangkat yang berbentuk lempengan PCB dan mampu mengolah serta menghasilkan suara. Bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.
  10. Power Supply adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.
  11. Casing
  12. Keyboard & Mouse
  13. Monitor

Langkah-langkah Perakitan

Berikut ini adalah langkah-langkah perakitan CPU.

1. Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.

 2. Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar casing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.

 3. Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor.



 4. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard. Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar. 


5. Siapkan casing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.

6. Setelah menyiapkan casing pasanglah catu daya atau power supply seperti gambar dibawah ini. 



7. Setelah itu masukkan motherboard pada casing secara perlahan agar motherboard tidak rusak. Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada casing dengan benar. 


8. Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.

9. Di contoh ini kita menggunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.

10. Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.

11. Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

12. Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan. Kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.

13. Setelah harddisk terpasang kemudian pasanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard dan pada harddisk itu sendiri. 



14. Pasang konektor power supply pada tempatnya yang terdapat di motherboard. Jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.


15. Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan pad konektor lainnya yang terdapat di motherboard seperti gambar berikut.

16. Setelah kita selesai merakit semua komponen kemudian pasang penutup casing dan perakitan tersebut harus kita tes apakah berhasil atau tidak. Pasang kabel port VGA ke monitor kemudian power monitor dan CPU ke saklar listrik, selanjutnya hidupkan bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bila tidak dapat BOOTING berarti perakitan belum sempurna, maka harus disempurnakan terlebih dahulu bila nanti ingin menginstal Sistem Operasi nya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah terpasang apakah sudah benar atau tidak.



 Konfigurasi BIOS


Tahapan Langkah-langkah Cara Setting BIOS :





  1. Pertama hidupkan komputer dengan cara menekan tombol power.

  2. Sesaat setelah tampilan pertama muncul dilayar komputer kita, maka segeralah menekan tombolDelete pada keyboard secara berkelanjutan, hingga kemudian muncul tampilan konfigurasi BIOS. sangat dimungkinkan tampilan BIOS yang muncul pada komputer yang satu dengan yang lainnya akan berbeda. namun kita tidak perlu khawatir karena secara prinsip dasar semuanya sama. dan bahkan kebanyakan komputer dan laptop terbaru keluaran sekarang untuk masuk ke BIOS kita tidak diberikan perintah untuk menekan tombol Delete akan tetapi menekan tombol F1,F2, atau malah mungkin tombol lainnya.
  3. Setelah itu, pilihlah bagian kategori menu yang mengatur tentang booting. biasanya menu tersebut akan ditunjukkan pada bagian menu "BOOT". arahkan dengan menggunakan tombol navigasi/panah keyboard kekanan sampai kita memilih menu boot tersebut. maka pada layar monitor akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :


  4. Kemudian pilihlah sub menu untuk mengatur hardware mana yang akan terlebih dahulu memulai proses booting. sebagai contoh, biasanya sub menu yang dimaksudkan adalah " Boot Device Priority".

  5. Setelah menemukan sub menu yang dimaksud diatas, maka selanjutnya kita tentukan bagian hardware mana yang akan menjadi penentu booting. sesuai pilihan pada umumnya, kita memilih antara hardisk atau CD-ROM. akan tetapi untuk komputer dan laptop keluaran sekarang sudah support untuk booting dari flashdisk. hal ini dimaksudkan seandainya kalau kita mau menginstal Operating System menggunakan media flashdisk. nah..berhubung kita mau menginstal OS menggunakan media CD-ROM karena master windows kita memakai CD/DVD, maka buatlah first bootnya menjadi CD-ROM dengan cara menekan tombol navigasi/panah kebawah atau keatas. akan tetapi tetapi ada juga komputer yang menggunakan penekanan tombol ganda antara " shift + +" untuk naik keatas dan " shift + +" untuk kebawah.


  6. Setelah kita memilih first boot atau booting pertama dari CD-ROM, maka untuk memastikannya tekanlah tombol ENTER pada keyboard, dan setelah itu simpanlah konfigurasi pengaturan BIOS yang telah kita buat dengan menekan tombol F10 pada keyboard kemudian pilih Yes. perintah menekan tombol F10 dimaksudkan kita menyimpan konfigurasi yang telah kita buat dan setelah itu akan merestart secara otomatis.

akhirnya selesai juga untuk cara setting BIOSnya agar booting pertamanya menjadi CD-ROM.


4. Laporan tertulis tentang praktikum

Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden 

Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari: 

A. Persiapan 
B. Perakitan 
C. Pengujian 
D. Penanganan Masalah 

rakit1.jpg 



Persiapan 

Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi: 

1. Penentuan Konfigurasi Komputer 
2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan 
3. Pengamanan 

Penentuan Konfigurasi Komputer 

Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda. 

Persiapan Komponen dan Perlengkapan 

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari: 

* Komponen komputer 
* Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya 
* Buku manual dan referensi dari komponen 
* Alat bantu berupa obeng pipih dan philips 

Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi. 

rakit2.jpg 

Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit. 

Pengamanan 

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara: 

* Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis. 
* Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen. 

rakit3.jpg 

Perakitan 

Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari: 

1. Penyiapan motherboard 
2. Memasang Prosessor 
3. Memasang heatsink 
4. Memasang Modul Memori 
5. memasang Motherboard pada Casing 
6. Memasang Power Supply 
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing 
8. Memasang Drive 
9. Memasang card Adapter 
10. Penyelesaian Akhir 

1. Penyiapan motherboard 

Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor. 

rakit4.jpg 

2. Memasang Prosessor 

Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket 

1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan. 
2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka. 
3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket. 
4. Turunkan kembali tuas pengunci. 

rakit5.jpg 

Jenis Slot 

1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard 
2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak 

Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot. 

rakit6.jpg 



3. Memasang Heatsink 

Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada mot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar