Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword -->

Rabu, 21 Mei 2014

Tugas Pendahuluan Ke - 2 Praktikum Daskom

1. Proses start up booting Windows dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. MBR (Master Boot Record) adalah sebuah program yang sangat kecil yang terdapat pada sector pertama hardisk, MBR kemudian me-load suatu program bernama NTLDR ke dalam memori.
  2. NTLDR kemudian memindahkan komputer ke “flat memory model” (bypassing the 640KB memory restrictions placed on PCs) kemudian membaca file BOOT.INI.
  3. Jika komputer mempunyai beberapa partisi yang bootable, NTLDR akan menggunakan informasi yang terdapat pada file BOOT.INI untuk menampilkan pilihan boot, apabila hanya terinstall windows xp saja maka tampilan menu akan dilewati dan windows akan me-load windows xp.
  4. Sebelum meload windows xp, NTLDR membuka program lain ke dalam memory yang disebut NDETEC.COM. File ini melakukan pengecekan semua hardware yang terdapat pada komputer. Setelah semua hardware ditemukan, NDTECT.COM memberikan kembali informasi tersebut ke NTLDR.
  5. NTLDR kemudian berusaha me-load versi Windows XP yang dipilih pada step 3. Hal ini dilakukan dengan menemukan file NTOSKRNL pada folder System32 yang terdapat pada directory windows xp . NTOSKRNL adalah program utama pada system operasi windows yaitu sebuah “kernel” Setelah kernel tersebut di-load ke memory, NTLDR passes control of the boot process to the kernel and to another file named HAL.DLL. HAL.DLL controls Windows’ famous hardware abstraction layer (HAL)
  6. NTOSKRNL kemudia menangani proses boot selanjutnya. Langkah pertama adalah meload beberapa “low-level system drivers”. Kemudian NTOSKRNL me-load semua file-file yang dibutuhkan untuk membuat “core” sistem operasi windows xp.
  7. Kemudian, Windows akan memverifikasi apakah terdapat lebih dari satu konfigurasi hardware profile pada komputer, kalau terdapat lebih dari satu hardware profile windows akan menampilkan menu pilihan, tetapi apabila hanya terdapat satu profile maka windows akan langsung me-load default profile.
  8. Sesudah windows mengenali hardware profile yang digunakan, windows kemudian me-load semua device driver untuk semua hardware yang terdapat pada komputer, Pada saat ini tampilan monitor menampilkan “Welcome To Windows XP boot screen”.
  9. Terakhir windows menjalankan semua service yang dijadwalkan secara otomatis. Pada saat ini tampilan monitor menampilkan “logon screen”.

    2. Install Kali Linux Live USB

    Booting dan menginstal Kali Linux dari USB flashdisk adalah metode favorit dan tercepat kami untuk menjalankannya. Untuk melakukan hal ini, pertama-tama kita perlu membuat image Kali ISO pada USB drive. Jika Anda ingin menambahkan suatu persistensi untuk Kali Linux USB flashdisk anda, silakan baca dokumen lengkap sebelum melanjutkan untuk membuat image anda.

    Menyiapkan USB copy

    1. Download Kali linux.
    2. Jika menggunakan Windows, download Win32 Disk Imager.
    3. Tidak perlu software khusus untuk *nix OS.
    4. Sebuah USB flashdisk (setidaknya berkapasitas 2GB untuk mini, 4GB untuk reguler).
    Prosedur Install Kali Linux Live USB

    Membuat image Kali pada mesin Windows
    1. Pasang USB flashdisk anda kedalam port USB Windows, dan jalankan software “Win32 Disk Imager”
    2. Pilih file ISO Kali Linux untuk dibuat image dan memverifikasi bahwa drive USB yang akan ditimpa adalah yang benar.
    3. kali-usb-install-windows
    4. Setelah pembuatan image selesai, keluarkan USB drive dari mesin Windows. Anda sekarang dapat menggunakan perangkat USB untuk boot ke Kali Linux.

    Membuat image Kali pada Mesin Linux

      Membuat sebuah USB flashdisk Kali Linux bootable dalam lingkungan Linux adalah mudah. Setelah Anda men-download file ISO Kali Anda, Anda dapat menggunakan dd untuk mengcopy nya ke USB flashdisk seperti berikut ini ( pastikan root anda pertama kali ) :
      PERINGATAN. Meskipun proses pembuatan image Kali pada USB flashdisk sangat mudah, Anda dapat dengan mudah menghancurkan partisi dengan dd Jika Anda tidak mengerti apa yang Anda lakukan. Pertimbangan dan peringatan untuk diri anda.
      1. Tancapkan perangkat USB anda ke port USB komputer Linux anda.
      2. Verifikasi lokasi perangkat USB anda dengan dmesg.
      3. Lanjutkan ( dengan hati-hati!) membuat image file ISO Kali Linux pada perangkat USB:dd if=kali.iso of=/dev/sdb bs=512k
        Sungguh, Itu saja ! Sekarang Anda dapat boot ke lingkungan Live Kali Linux / Installer menggunakan perangkat USB.

    Menambahkan Persistensi ke Live USB Kali Linux Anda

    1. Menambahkan persistensi (kemampuan untuk menyimpan file dan perubahan pada live boot) untuk image Kali Linux Anda dapat sangat berguna dalam situasi tertentu. Untuk membuat USB Kali Linux persisten, ikuti langkah berikut sebagai user root. Dalam contoh ini, kita asumsikan USB drive kita adalah /dev/sdb. Jika Anda ingin menambahkan persistensi, Anda akan memerlukan perangkat USB yang lebih besar daripada yang kita tercantum dalam prasyarat di atas.
      1. Buat Image ISO Kali Linux ke USB flashdisk anda seperti dijelaskan diatas, menggunakan “Linux Method” dan dd.
      2. Membuat dan memformat partisi tambahan pada USB flashdisk. Dalam contoh ini, kita menggunakan gparted dengan menerapkan:gparted /dev/sdb
      3. Skema partisi Anda saat ini akan terlihat seperti ini :usb-persistence-basic-partitioning
      4. Lanjutkan untuk memformat partisi baru dari ukuran yang Anda inginkan untuk digunakan untuk persistensi. Dalam contoh kami, kami menggunakan semua ruang sisa yang tersedia. Pastikan label volume partisi yang baru dibuat adalah persistence, dan format menggunakan ext4 filesystem.
      5. usb-persistence-creating-partition
      6. Setelah proses selesai, mount partisi USB persisten Anda menggunakan perintah berikut (sebagai user root):         mkdir /mnt/usb
        mount /dev/sdb2 /mnt/usb
        echo "/ union" >> /mnt/usb/persistence.conf
        umount /mnt/usb
      7. Tancapkan USB flashdisk ke dalam komputer yang Anda ingin boot up. Pastikan BIOS Anda diatur untuk boot dari perangkat USB Anda. Ketika layar boot Kali Linux ditampilkan, pilih “Live boot” dari menu (jangan tekan enter), dan tekan tombol tab. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengedit parameter boot. Menambahkan kata “persistence” ke akhir baris parameter booting setiap kali Anda ingin me-mount penyimpanan persisten Anda. usb-persistence

    3.Macam Distro Linux dan Perbedaannya

    1. Knoppix , Distro paling asik deh, soalnya enggak perlu install ke hardisk, cukup masukan cd nya dan boot ke cd. Dikembangkan dari debian, sehingga paket debian bisa di install ke knoppix, bisa di install ke hardisk. Guna nya cukup banyak misalnya untuk demo program, sarana belajar linux dengan cepat. Bagi pemula yang takut install linux lebih baik belajar pake Knoppix. Yang pembuat nya dari Jerman Klaus Knopper. 
    2. Ubuntu Distro baik hati, bayangin dia bagi bagi CD gratis kei seluruh dunia. Pasti uang nya juga lumayan terutama ongkos kirim nya. dikembangkan dari debian & knoppix, ada dua versi live cd atau install. paket debian bisa langsung di install di Ubuntu. 
    3. Mepis & Xandros, Ini distro yang mudah di install, menyertakan paket yang instant misalnya flash, java, acrobat reader, mplayer, quicktime, nvidia driver sudah include ada di sini. Fedora, Mandriva free download, opensuse, belum menyertakan paket tersebut. Dkembangkan dari debian 
    4. Debian, Distro paling lengkap, dibuat oleh Ian dan cewek nya Debbie jadilan Debian. Didukung oleh paling banyak hacker di dunia, paling banyak paket program nya. Paket manager nya pake apt-get, paket file nya *.deb. Paling cepat update nya, tapi rilis stabil nya paling lelet rilis terakhir "sarge" versi 3r1. Sebanyak 14CD atau 2DVD, source nya sebanyak 15CD, 3DVD. Mendownload cd nya dengan jidgo, jidgo ini akan mendownload paket paket program dan membuat image cd nya di komputer kita. Target nya stabilitas distro, pemakai nya kebanyakan advance user, untuk pemula kurang frienly, banyak tool yang harus diakses dari konsol. Saat ini banyak turunan dari debian contoh terkenal adalah linux live cd knoppix, ubuntu. 
    5. Redhat, Pelopor distro linux user frendly, dibuat oleh Alan Cox. redhat yang menciptakan paket manager rpm, saat ini ada paket manager yup, dan apt-get untuk redhat. Target nya untuk pemula sampai advance user. Redhat juga yang membuat proyek Gnome. Turunan nya banyak sekali contoh nya adalah Mandriva, Fedora dll. Saat ini Redhat fokus untuk komersial untuk enterprise Linux, sedangkan untuk komunitas ada Fedora. Btw sebenarnya orang orang nya dia-dia juga. Paket source dari Redhat sebenarnya free, jadi banyak yang porting dari RPMS redhat menjadi Distro lain contoh nya adalah CentOS, Tao, Whitebox. 

    4. Sistem Operasi untuk handphone

    Android

    Android adalah salah satu sistem operasi yang dirancang oleh salah satu pemilik situs terbesar di dunia, siapa lagi kalo bukan mbah Google. Sebenarnya sistem operasi ini telah dikembangkan pada tahun 2000an kala itu yang pertama kali memakai sistem operasi ini adalah HTC mobile, namun kala itu belum mendapat tempat di pasaran gadget. Barulah masa-masa sekarang ini yang menjadi ajang unjuk gigi sistem operasi ini yang begitu populer di dunia
    Kelebihan Android :
    • Mendukung proses multitasking, memungkinkan penggunanya dapat membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Anda bisa facebookan, browsing internet, dan mendengarkan lagu dalam satu waktu.
    • Akses mudah menggunakan Google App market, bagi anda yang sering main game dan install aplikasi lewat fitur ini anda bisa mendownload ratusan bahkan ribuan aplikasi dan game secara gratis.
    Kekurangan Android :
    • Harus Selalu terhubung ke internet untuk mengakses fitur-fitur yang terdapat dalam ponsel Android ini sehingga anda setidaknya harus menggunakan paket internet mingguan atau pun bulanan.
    • Terdapat banyak iklan di setiap aplikasi dari Android, ya maklum saja karena selalu terhubung ke internet otomatis jadi banyak juga iklan-iklan yang muncul. Walaupun tidak mengganggu kinerja aplikasi namun kadang ini membuat risi para pemakai dengan kemunculan iklan ini.

    MeeGo

    MeeGo adalah OS berbasis Linux yg dikembangkan oleh Nokia dan Intel.  MeeGo merupakan pengembangan dari gabungan OS Maemo (Nokia N800) dan Moblin (Intel). MeeGo merupakan OS yg bagus dengan antarmuka yg berbasis gerakan tangan (gesture-based UI) seperti yg ditunjukkan oleh Nokia N9, satu-satunya hp produksi masal yg menggunakan OS MeeGo. sayangnya, MeeGo harus kalah dengan kepentingan politik antara Nokia dan Microsoft, sehingga pengembangan MeeGo dihentikan oleh Nokia untuk memberi jalan kepada OS WP milik Microsoft. Sekarang ini ada dua developer yg melanjutkan ide turunan dari OS MeeGo, 
    yaitu Linux Foundation, Intel, dan Samsung mengembangkan OS Tizen, 
    serta Jolla yg mengembangkan OS Sailfish.
    Kelebihan MeeGo 
    • Dukungan browser yang terintegrasi dengan jejaring sosial, kamera, email dan aplikasi.
    • MeeGo mendapat dukungan Flash yang sudah tersematkan di Fennec, sebuah browser Firefox versi mobile. Seperti diketahui juga, Fennec juga sudah berjalan di platform Maemo.
    Kekurangan MeeGo
    • Dukungan Aplikasi pihak ketiga Masih Kurang
    • Kekhawatiran dari platform MeeGo adalah ketersedian dukungan dimasa yang akan datang, karena untuk Nokia sudah keluar dari project MeeGo dan focus terhadap perangkat berbasis Windows Phone 7.

    Windows Mobile 

    Kelebihan WIndows Mobile

    • Windows Mobile mempunyai tampilan User Interface yang keren, Karena inilah saya suka memakai windows Mobile. Aplikasi-aplikasi seperti Twitter, Facebook, Fouquare dan aplikasi yang lainnya mempunyai tampilan yang menarik.
    • Pada tampilan Start Screen bisa diatur sesuai selera. Meskipun Windows Mobile tidak mendukung adanya wallpaper, tetapi Start Screen yang dipenuhi Live Tiles Cukup menarik dan memanjakan mata pengguna yang menggunakannya.
    • Lebih mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi karena Multitasking.
    Keekurangan Windows Mobile
    • Tidak tersedia shortcut untuk notification center yang dapat diakses dengan mudah. Karena pada windows mobile semua dikumpulkan di Start Screen,  jadi untuk melihatnya pengguna harus meminimize aplikasi yang sedang dijakankan dan membuka Start Screen.
    • Masih sedikitnya pilihan aplikasi. Hal ini mungkin karena Windows Mobile masih tergolong baru sehingga koleksi aplikasi yang tersedia pada Windows Phone store  masih minim.
    • Update: Saat ini aplikasi yang dahulu hanya tersedia untuk iPhone dan Android saat ini sudah banyak bermunculan di Windows Store.
    • Jika dibandingkan dengan OS yang lain update aplikasi pada Windows Mobile agak lama. 

    5. Open Source dan Close Source

    Open Source ,  Sistem Operasi yang bisa dimodifikasi dengan bebas dan lisensinya bersifat GPL dan merupakan sebuah sistem operasi yang gratis.
    contohnya Kali Linux dan Backtrack Linux.
    Close Souce , sistem operasi yang tidak dapat dimodifikasi dengan bebas dan merupakan sistem operasi yang berbayar.
    contohnya MacOs dan Windows 

    6. Kegunaan Perintah


    • Gedit, memanggil program Text Editor yang biasanya digunakan untuk membuat Script Program atau Text.
    • Mkdir, membuat direktori baru pada Komputer.
    • Cat, fungsi sebenernya adalah untuk menggabungkan beberapa file teks menjadi satu. Tapi di dunia Linux yang penuh dengan user kreatif, perintah cat bisa digunakan untuk banyak fungsi. Perintah ini lebih banyak digunakan untuk membaca isi file, seperti less atau more, namun cat akan menampilkan keseluruhan isi file tanpa stop sedikit pun walaupun sudah penuh satu layar.
    • Echo, perintah untuk menampilkan kalimat ke layar.
    • Rm, dipakai untuk menghapus file atau direktori. Perintah rm bisa jadi sangat berbahaya, tidak seperti DOS atau Windows (yang tidak aman itu), di Linux sekali file dihapus maka tidak ada jalan untuk mengintip isinya kembali.
    • Mv, mv berfungsi untuk memindahkan file.
    • Cd, banyak sekali direktori, jadi gimana cara pindah dari satu direktori ke direktori lain? Gunakanlah perintah cd (change directory).
    • Clear, perintah untuk membersihkan tampilan layar spt perintah clrscr pada c++.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar